Pengarang : SIU (Slave In Utero) / Lee Jong Hui
Penerbit asal : Naver
Status (ongoing/tamat) : Ongoing
Genre : Action, fantasy, comedy, adventure, mystery, tragedy, supernatural
Sinopsis :
Apa yang kamu inginkan? Uang dan kekayaan? Kehormatan dan kebanggaan? Otoritas dan kekuasaan? Balas dendam? Atau sesuatu lain yang melampaui semua itu? Apa pun yang kamu inginkan- semuanya ada di sini.
Awalnya saya tertarik membaca manhwa ini karena banyak orang mengatakan bahwa ceritanya lumayan bagus, tidak kalah serunya dengan Noblesse. Rata-rata mereka semua berkata demikian. Saat itu saya sempat melihat salah satu komentar di webtoon yang mengatakan bahwa CEO LINE bahkan merekomendasikan Noblesse dan Tower of God sebagai manhwa terbaik. Manhwa ini bisa dibaca di line webtoon dan terbit setiap hari (versi indonesia) dan satu minggu sekali (versi inggris).
Beberapa karakter di Tower of God Season 1
Cerita berawal ketika Bam pada saat itu sedang mengejar Rachel yang hendak menaiki menara, karena Rachel berpikir bahwa jika ia bisa mencapai puncak menara, ia bisa pergi ke dunia luar, bisa melihat langit di siang hari serta melihat bintang di malam hari. Karena Rachel merasa bahwa dirinya sudah bosan hidup di dunia yang penuh dengan kegelapan. Pada akhirnya Rachel pun pergi ke menara dan mengatakan pada Bam untuk melupakan dirinya, namun Bam berjanji akan mengikuti gadis itu kemanapun ia pergi, karena Rachel merupakan satu-satunya orang yang telah mengajarinya banyak hal tentang kehidupan.
Banyak hal tak terduga yang muncul ketika Bam menghadapi ujian di menara. Di tengah kesulitan yang Bam hadapi, dia bertemu dengan banyak teman dan menemukan potensi yang ada dalam dirinya.
Namun ada bahaya yang selalu datang mengancam di setiap saat. Hingga suatu hari terjadi kecelakaan pada saat ujian terakhir di lantai 2, Bam dinyatakan hilang dan tidak pernah ditemukan. Teman-temannya pun seakan-akan tidak percaya bahwa Bam sudah meninggal, bahkan ada diantara mereka yang bersikukuh bahwa Bam masih hidup.
Ternyata semua itu merupakan rencana dari administrator di lantai ujian untuk menyingkirkan Bam, karena Bam sendiri adalah seorang irregular, dan irregular berpotensi menyebabkan kekacauan dalam menara. Dengan rencana yang telah tersusun sempurna, mereka yakin bahwa keluarga Zahard akan berpikir Bam sudah meninggal. Sementara itu teman-teman Bam yang telah lulus ujian terakhir di lantai 2, mereka bersama-sama menuju lantai 3.
SEASON 2 - THE RETURN OF THE PRINCE
Beberapa karakter di Tower of God Season 2
Banyak karakter baru yang bermunculan, seperti Ja Wangnan dan team Tangsooyok (sweet and sour), member FUG, Wolhaiksong (the winged tree under the moon), 10 keluarga agung, Zahard Princess serta beberapa high rankers memulai debut mereka di season ini. Cerita berlanjut 6 tahun setelah insiden menghilangnya Bam di lantai ujian.
Terjebak di menara lantai 20, Ja Wangnan gagal lulus ujian untuk kesekian kalinya. Hutang pun semakin bertambah. Namun ia tidak menyerah dan terus mengikuti ujian ulang. Di tengah ujian bersama beberapa regular lain yang adalah teman satu timnya, Wangnan bertemu dengan seorang misterius bernama Jyu Viole Grace.
Banyak spekulasi yang mengatakan bahwa Wangnan adalah Pangeran Zahard yang ditakdirkan untuk bangkit. Namun semua itu sepertinya tidak mungkin. Jika benar demikian, bagaimana bisa anak dari Zahard, penguasa menara, mengalami kegagalan sampai begitu banyak? Atau mungkinkah potensi Wangnan yang sebenarnya masih belum terbangkitkan. Semua itu masih menjadi misteri.
Di samping itu, semuanya masih misterius. Terutama Jyu Viole Grace, regular yang terkenal sangat kuat. Tujuannya, latar belakang, semua masih misterius. Semuanya berubah menjadi teror ketika mengetahui bahwa Jyu Viole Grace adalah salah satu kandidat slayer FUG. Sedangkan FUG sendiri adalah organisasi religius yang paling berbahaya di menara, mereka berencana untuk membunuh Zahard dan menjadi penguasa di menara. Tapi apakah Viole benar-benar jahat? Apakah ini tujuan sebenarnya? Atau dia adalah seseorang yang sangat akrab? Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, semua ini masih terus berlanjut di Tower of God. Nantikan kisah selanjutnya :)
BATTLE POSITION
Seperti halnya dalam permainan olahraga (misal basket, sepak bola dll), dalam pertempuran pun juga ada penempatan posisi untuk setiap regular. Di menara, sebagian besar regular berada dalam satu tim untuk bertarung melawan musuh. Posisi memainkan peran yang penting dalam tim. Tentu saja masih sangat mungkin untuk bertarung tanpa menentukan posisi, tapi akan lebih efisien jika posisi telah ditentukan. Nama atau peran posisi sebagian besar berasal dari pertempuran pertama 10 keluarga agung. Pada semua posisi, setiap regular diharuskan untuk membuat perjanjian dengan penguasa lantai supaya mereka bisa menggunakan shinsoo, seperti halnya shinsoo untuk menguatkan tubuh.
NOTE: satu orang tidak terbatas pada satu posisi
BASIC POSITIONS
1. Fisherman (Pemancing)
Dikatakan sebagai lambang dari semua posisi. Posisi ini sangat cocok untuk pertarungan jarak dekat-menengah. Fisherman cenderung menggunakan reel dan needles. Pedang dan senjata berbilah datar lainnya sangat langka di menara.
Fisherman umumnya memiliki kekuatan paling merusak dalam pertarungan man-to-man. Mereka biasanya membawa senjata ringan, tanpa senjata berat.
Fisherman dibagi menjadi 2 kelas :
Reel Fisherman, yang menggunakan persediaan Reel untuk menyerang musuh mereka di jarak menengah, atau Man-to-man Fisherman yang bertarung langsung pada jarak dekat.
Fisherman merupakan kekuatan serangan utama dalam tim dan biasanya di pusat pertempuran.
Area kekuasaan mereka dalam pertarungan dapat digambarkan sebagai berikut :
Fisherman range
Basic arming :
1 to 2 Arms Inventory (medium)
1 Armor Inventory (small)
1 Reel Inventory (20 mun)
Arms Inventory
Arms Inventory adalah salah satu dari tiga jenis persediaan utama di menara. Ini digunakan untuk menyimpan senjata. Mirip dengan pocket, ia memiliki mode terlihat dan tak terlihat. Arms Inventory juga ada tingkatannya.
Arms Inventory adalah persenjataan dasar yang digunakan oleh semua Fisherman, tetapi tidak dibatasi dari penggunaan oleh posisi lainnya. Arms Inventory dapat menyimpan item yang berbeda seperti needle, sword, hook, dan bom, tergantung dari senjata yang dipegang oleh penggunanya. Disamping fungsi mereka menyimpan item, Arms Inventory mungkin memiliki fungsi tambahan seperti fungsi cloacking yang membuat peralatan seseorang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang. Inventory dengan fitur tambahan seperti itu adalah item yang bahkan akan sulit didapatkan oleh para ranker.
Sebuah Carrier adalah jenis inventory khusus yang menggabungkan fungsi dari pocket, light house, dan pipes. Hal ini memungkinkan Fisherman untuk mengisi posisi apapun, meskipun sebenarnya sangat tidak praktis.
Hal ini layak untuk dicatat bahwa diantara senjata 13th Month Series yang dibuat oleh pandai besi legendaris, Ashul Edwaru, Rainbow Undecimber adalah Arms Inventory.
Kaiser's Armor Inventory
Armor Inventory adalah serangkaian item yang digunakan untuk menyimpan peralatan dan juga berfungsi sebagai alat perlindungan. Mereka terbuat dari suspendium murni yang tinggi, sehingga dapat mengapung di udara.
Armor Inventory adalah persediaan otomatis yang berfungsi untuk menetralisir serangan dari musuh. Ini juga dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang tertentu. Seperti beberapa barang-barang lainnya di menara, Armor Inventory memiliki peringkat. Selain fungsi dasar mereka menyimpan barang-barang dan membantu sebagai pertahanan. Armor Inventory mungkin memiliki fitur tambahan.
Armor Inventory dianggap sebagai barang yang termasuk mahal oleh para regular. Karena itu sangat jarang melihat regular yang memiliki Armor Inventory.
Prince's Reel & Arms inventory
Reel Inventory adalah persediaan dasar yang digunakan oleh semua Fisherman. Hal ini ditandai dengan garis yang melekat pada Arms Inventory.
Sebuah Reel Inventory tidak harus dibingungkan dengan Arms Inventory biasa, yang juga digunakan oleh posisi lainnya.
Bom dan jarum melekat pada persediaan senjata
2. Spear Bearer (Pembawa Tombak)
Adalah posisi yang bertugas untuk menembak lawan dan mem-backup Fisherman menggunakan tombak. Spear Bearer ahli dalam pertarungan jarak jauh di suatu tim.
Spear Bearer tidak cenderung kuat dalam pertarungan jarak dekat, tapi sangat berguna karena kemampuan mereka menyerang dari kejauhan. Beberapa membawa needle ketika berada di garis depan. Mereka membawa persediaan senjata yang khusus diciptakan untuk menyimpan tombak, yaitu Pipes dan cukup berat.
Spear Bearer pada dasarnya dibagi menjadi 2 jenis :
Short-distance, yang menggunakan tombak mereka untuk memukul titik kelemahan musuh di tengah-tengah pertempuran, dan Long-distance, yang menembak musuh dari jarak jauh.
Peran Spear Bearer adalah menyediakan cadangan untuk Fisherman dan menjaga serangan konstan pada titik kelemahan musuh.
Area kekuasaan mereka dalam pertarungan dapat digambarkan sebagai berikut :
Spear Bearer range
Basic arming :
1 Pipes
1 Armour Inventory(-ies) (medium)
Pipes adalah persediaan senjata khusus untuk tombak. Ini digunakan oleh Spear Bearer untuk membawa beberapa tombak sekaligus secara bersamaan. Pipes diketahui sangat berat.
Sama halnya dengan sebuah pocket, Pipes juga memiliki mode terlihat dan tak terlihat.
3. Scout (Pengintai)
Scout bergerak maju dari tim, mengamati keadaan dan situasi. Scout biasanya tidak membawa senjata. Mereka sangat tangkas dan cepat dalam hal gerakan dan pemikiran. Mereka biasanya berperan dalam membantu Fisherman atau mengawasi gerakan musuh. Namun dalam hal frekuensi dan resiko pertarungan, scout selangkah diatas Fisherman, karena mereka sering menjadi yang pertama untuk menghadapi musuh.
Scout adalah posisi yang menganggap bahwa kekuatan mental sangatlah penting, sehingga seseorang yang memiliki kekuatan mental yang lemah tidak bisa menjadi scout.
Mereka membaca perubahan shinsoo dan mengumpulkan data terlihat tentang lingkungan dan musuh, menggunakan observer, yang kemudian mentransfer serta mengumpulkan informasi kembali ke Light Bearer.
Mereka pada dasarnya dibagi menjadi dua jenis :
Basic scouts, umumnya bekerja pada pengumpulan informasi untuk light bearer dan berjaga-jaga sementara dalam pertempuran. Valuing scouts, mereka fokus pada mem-backup Fisherman di pertarungan jarak dekat.
Area kekuasaan mereka dalam pertarungan dapat digambarkan sebagai berikut :
Scout range
2 observers
1 inventory (small, untuk senjata ringan)
Leesoo's Observers
Observer adalah perangkat khusus yang digunakan oleh Scout. Kegunaan utama mereka adalah untuk mengumpulkan data visual dan menyampaikan informasi tersebut kepada sang Scout dan juga untuk bersekutu dengan Light Bearer, yang pada gilirannya menganalisis data tersebut dan mengkoordinasikan ke tim mereka.
Observer memiliki fungsi lain yang dapat digunakan oleh Scout, seperti mampu untuk menerangi kegelapan, memproyeksi hologram dan menyembunyikan keberadaan seseorang. Observer juga dapat membantu dua Light House dalam melakukan teknik "Flow Control".
Biasanya, Scout dapat mengontrol beberapa Observer sekaligus sehingga mereka dapat membantu sebagai peran tambahan yang mampu mendeteksi jarak tertentu.
Sama halnya dengan perangkat lain, seperti pocket dan arms inventory. Model Observer juga dapat dipersonalisasikan oleh Scout. Observer juga didasarkan oleh rank dan tingkatan. Ini menunjukkan bahwa fungsi Observer dengan peringkat yang lebih tinggi dapat bekerja sepenuhnya pada Observer dan Light House rank bawah. Tidak diketahui apakah jangkauan visual Observer serta kemampuan untuk membedakan dan memproses data akan meningkat sesuai ranknya atau tidak.
Ancient Observer : Purple Dementor
Observer tidak selalu digunakan hanya untuk pengintaian. Dalam sejarah menara kuno, ketika perang sudah pada puncaknya dan tidak ada perlindungan dari keluarga atau guild. Scout membutuhkan semua kekuatan pertempuran yang bisa mereka dapatkan. Dengan demikian, Observer kuno lebih berorientasi pada pertempuran. Salah satu Observer tersebut adalah "Purple Dementor".
Teknik yang digunakan oleh Scout :
1. Black fish = sebuah teknik yang menggunakan banyak shinsoo untuk menghalangi cahaya sehingga membuat scout menjadi "tak terlihat". Ini digunakan baik untuk menghambat serangan dari Fisherman dan Spear Bearer, dan sama pentingnya untuk membantu pengamat scout.
2. Hologram = menggunakan observer, scout dapat membuat hologram dari diri mereka sendiri untuk menjebak musuh. Hologram dapat bergerak seperti hal yang nyata, tetapi menghilang ketika diserang.

Black fish (kiri), Hologram (kanan)
4. Light Bearer (Pembawa Cahaya)
Adalah posisi yang menggunakan perangkat yang disebut mercusuar / light house untuk mendapatkan informasi tentang pertempuran atau lingkungan disekitarnya.
Light Bearer cenderung untuk mengumpulkan informasi dan merumuskan rencana dengan bantuan informasi seperti mereka memerintah light house mereka. Mereka juga disebut penjaga mercusuar karena mereka melindungi light house. Namun Light Bearer harus tetap dapat memenuhi kedua peran, karena mungkin akan ada saat-saat ketika mereka dihadapkan untuk mengasumsikan peran lain.
Perangkat mercusuar yang bersinar terbuat dari suspendium dan digunakan untuk mengumpulkan informasi untuk membantu rekan tim light bearer dalam pertempuran. Beberapa mercusuar memiliki fungsi observer tetapi mobilitas mereka berkurang, mereka menjadi sulit untuk menanganinya. Light Bearer cenderung berpasangan dengan Guide dan memberikan informasi sedangkan Guide memimpin jalan. Pertempuran di menara kebanyakan bertarung di tempat gelap, jadi akan sangat sulit untuk bertarung tanpa Light Bearer. Light Bearer mungkin mengambil posisi frontal atau rear.
Dalam posisi frontal, Light Bearer berpartisipasi dalam pertempuran sendiri dan mengumpulkan informasi tentang kelemahan musuh, menggunakan Lights. Light Bearer harus memiliki kontrol shinsoo luar biasa dan mampu mempertahankan Lighthouses mereka. Mereka harus mampu memperluas jangkauan kubus cahaya mereka untuk jarak yang baik, sehingga Lights mereka dapat mengumpulkan informasi tentang situasi dan pertempuran yang ditransmisikan ke Lighthouse. Karena mungkin ada lebih dari 2 sampai 3 pertempuran sekaligus, Lights mereka harus diperluas cukup jauh untuk dapat menyerang area yang luas atau melindungi mereka sehingga Light Bearer dapat menganalisis situasi.
Bila mengambil posisi rear, Light Bearer mengamati pertempuran dari kejauhan dan mengumpulkan data untuk digunakan dalam strategi masa depan. Mereka pada dasarnya mengendalikan Lighthouse yang berfungsi sebagai pusat komando pertempuran. Menggunakan informasi yang dikumpulkan oleh Lighthouse kecil mereka membentuk strategi untuk mengarahkan dan mengendalikan gelombang pertempuran. Mereka juga mengeluarkan instruksi kepada anggota tim dan berdasarkan umpan balik mereka, memutuskan tindakan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Karena itu, Light Bearer harus berwawasan luas, tajam, pintar dalam menganalisis informasi dan bisa mendatangkan strategi alternatif jika tim mereka berada di tempat yang ketat atau jika rencana sebelumnya telah gagal. Kemampuan bertarung dari Light Bearer tipe ini tidak boleh kurang karena mereka harus mampu mempertahankan Lighthouses mereka jika musuh memutuskan untuk menyerang.
Area kekuasaan mereka dalam pertarungan dapat digambarkan sebagai berikut :
Light Bearer range
1 Lighthouse body
3-4 Small Lighthouses
1-2 Armor Inventory(-ies) (medium)
Khun Aguero Agnis Light House
Menghubungkan kubus pencari ke kubus lain untuk membentuk kubus yang lebih besar
Keyboard di dalam Light House
Light House yang terhubung dengan Light House lain
Light House Opera in Repellista's room
Menghubungkan kubus pencari ke kubus lain untuk membentuk kubus yang lebih besar
Keyboard di dalam Light House
Light House yang terhubung dengan Light House lain
Light House Opera in Repellista's room
Light house juga memiliki fitur jaringan nirkabel, yang memungkinkan untuk terhubung dengan perangkat eksternal seperti Light house lain, Observer, Pocket dan sebagainya. Ketika koneksi terputus atau terpisah, Light house membentuk jaringan kubus. Masih belum diketahui apakah istilah Light house juga berlaku untuk kubus kecil atau hanya berlaku untuk kubus yang lebih besar.
Ada berbagai bentuk dan tingkatan dari Light house. Opera memiliki kelas yang sangat tinggi dan Eyes of God mungkin memiliki kelas tertinggi.
Ini juga merupakan kesalahpahaman bahwa Light house dapat dihancurkan dengan mudah. Ketika Light house berada di luar kendali kontrol shinsoo Light Bearer maka akan jatuh ke permukaan tanah, dan tidak dapat beroperasi karena sumber listriknya telah terputus. Jika tekanan kuat diterapkan kepada Light house, maka Light house dapat dihancurkan.
Sebuah Light house terdiri dari berbagai warna dan tingkat suspendium yang berbeda. Semakin tinggi tingkat suspendium yang digunakan, maka semakin baik cahaya yang mengapung di daerah konsentrasi shinsoo tinggi. Kebanyakan Light house terbuat dari suspendium rendah, suspendium tinggi sangat mahal dan sulit untuk ditangani.
Tampaknya Light house transparan dan isinya dapat dilihat. Light house dapat digunakan sebagai tempat / wadah penyimpanan.
Sama halnya dengan armor inventory, arms inventory, pocket dan item lainnya. Light house juga memiliki mode terlihat dan tak terlihat.
Light house juga digunakan untuk memberikan informasi kepada Guide, yang kemudian akan membantu Light Bearer menemukan jalan.
Setiap kubus dapat berfungsi sebagai unit pusat atau kubus utama jaringan. Kubus lainnya bahkan dapat dibentuk dalam kubus ini. Dan satu kubus atau lebih juga akan berfungsi sebagai sumber cahaya.
Selain sebagai unit pusat dari jaringan Light house, kubus juga dapat berfungsi sebagai pusat komando pertempuran. Light Bearer dapat duduk di dalam kubus utama, yang dapat diperluas sesuai dengan ukuran ruangan.
Jika kubus utama diambil alih oleh musuh, jaringan akan kacau. Jadi, Light Bearer harus mampu mempertahankan Light house dengan menjadi berpengalaman dalam pertempuran dan juga tahu bagaimana untuk memblokir atau membalikkan upaya hacking.
Di dalam kubus ini, ada beberapa layar serta komponen lain yang mengapung di Shinsoo. Light Bearer menggunakan keyboard untuk mengeluarkan perintah dan mengoperasikan kubus yang mengirimkan informasi melalui koneksi nirkabel. Salah satu kubus ini juga berfungsi sebagai kubus utama dalam unit pusat.
Semua kubus membantu dalam pengumpulan informasi dan sebagian besar kubus tersebut juga memiliki tampilan visual. Salah satu kubus tersebut adalah kubus pencarian, dan ketika terhubung ke kubus lain, maka akan menyediakan jendela pencarian. Melalui jendela ini, seseorang dapat mengakses jaringan intelijen yang berisi profil dari banyak individu terkenal dan jenis informasi lainnya juga. Kubus juga dapat merekam informasi, seperti jumlah total shinsoo yang digunakan oleh seseorang selama pertempuran.
Kubus juga memberi informasi ke layar yang menyediakan jenis informasi lainnya seperti umpan balik visual langsung, grafik, statistik dan sebagainya. Light house juga memiliki fungsi loudspeaker, yang memberikan umpan balik audio.
Jika Light Bearer berada di daerah yang sangat terang, mereka mungkin bekerja dengan kubus dalam bentuk yang lebih besar (tidak diketahui mengapa untuk saat ini) dan beberapa kubus yang hanya ditempatkan pada titik-titik tertentu, demi mengumpulkan informasi.
Sebuah Light house dapat dihubungkan dengan Light house yang lain untuk membentuk atau memperluas jaringan Light house. Melalui semua input visual yang dikumpulkan oleh semua Light house ini, masing-masing Light Bearer akan dapat menerima jumlah jenis visual audio tertentu dan data lainnya di daerah yang diduduki oleh Light house lainnya. Ketika satu Light house terhubung ke Light house lain, maka akan muncul tampilan layar tambahan. Hal ini memungkinkan Light Bearer untuk berkomunikasi dengan Light Bearer yang lain.
Light Bearer juga mampu mengerahkan shinsoo padat, yang dapat menghentikan orang-orang tergantung pada kekuatan shinsoo resistance dari lawan yang bersangkutan.
Light house juga dapat dihubungkan ke Observer milik Scout. Observer ini akan memberikan informasi visual yang lebih rinci yang digunakan oleh Light Bearer untuk menganalisis dan mengkoordinasikan tim mereka.
Teknik yang digunakan oleh Light Bearer :
1. Flow Control = sebuah teknik yang membatasi gerakan lawan dengan memanipulasi Shinsoo dalam bidang manipulasi Lighthouse. Hal ini dapat digunakan dengan 2-3 Lighthouse.
2. Centripetal Force Control = sebuah teknik yang mencegah musuh di dalam lapangan melarikan diri dengan menggunakan Lighthouse tengah sebagai pusat. Hal ini membutuhkan 4 Lighthouse dapat dengan mudah melumpuhkan beberapa orang secara bersamaan.
3. Shield = sebuah teknik yang membentuk perisai antara Lighthouse.
4. Teleportation = sebuah teknik yang memungkinkan teleportasi orang dan objek lain dalam manipulasi satu Lighthouse ke Lighthouse lain. Lighthouse teleportasi berbahaya untuk digunakan di tengah pertempuran dan mungkin tidak akan bekerja jika dilakukan dengan tergesa-gesa. Light Bearer yang terampil bisa membunuh menggunakan teleportasi.
5. Triple Field = kemampuan untuk membatasi gerakan musuh dengan tiga Lighthouse.

Flow Control (kiri), Centripetal Force Control (kanan)
Shield (kiri), Teleportation (kanan)
Triple Field
5. Wave Controller (Pengendali Gelombang)
Adalah posisi dimana salah satu membantu rekan mereka dalam pertempuran dengan menyerang musuh atau dengan membantu tim menggunakan Shinsoo. Diantara semua kelima posisi, Wave Controller termasuk yang paling langka untuk dipilih.
Bahkan posisi Wave Controller dilengkapi dengan variasi individu ekstrim. Ada Wave Controller yang sembarangan menyerang musuh dan ada beberapa yang mengubah gelombang pertempuran dengan halus mengubah aliran Shinsoo.
Karena kemampuan untuk menggunakan Shinsoo pada tingkat efisiensi yang membuatnya lebih kuat daripada menggabungkan dengan persenjataan tergolong langka, hanya ada segelintir Wave Controller, bahkan diantara para ranker. Kebanyakan Wave Controller bergantung pada kekuatan Shinsoo-manipulation items, tetapi ada beberapa yang memanipulasi Shinsoo tanpa item apapun.
Pada dasarnya, ada 2 jenis Wave Controller : Attacking-type dan Support-type. Tapi jenis kategorisasi ini tidak banyak digunakan. Wave Controller digambarkan sebagai direktur pertempuran. Kebanyakan dari mereka memiliki kemampuan bertarung langsung dan membantu posisi lain juga.
Area kekuasaan mereka dalam pertarungan dapat digambarkan sebagai berikut :
Wave Controller range
A wand
Rozeal's wand
Wand adalah item dengan kemampuan untuk membuat dan mengumpulkan sejumlah Shinsoo. Kemampuan untuk mengendalikan Shinsoo sangat langka, dan kebanyakan regulars dan rankers menggunakan item khusus ketika mereka ingin memanipulasi jumlah Shinsoo yang lebih besar.
Ketika wand dibuat oleh pengrajin, bagian dari kerajinan itu dibawah kontrak penguasa. Dengan demikian, wand yang dibuat hanya dapat digunakan pada lantai dimana regulars / rankers memiliki kontrak dengan penguasa. Jika Wand berada di bawah kontrak dari penguasa lantai 2-31, maka tidak akan dapat memanipulasi setiap Shinsoo pada lantai 32 dan seterusnya. Kontrak tidak hanya menentukan di lantai mana wand dapat digunakan, namun juga menentukan jumlah Shinsoo yang dapat dimanipulasi.
SPECIAL POSITIONS
1. Guide (Pemandu)
Adalah posisi khusus yang bertugas memimpin jalan dalam tim.
Seorang Guide biasanya bekerja sebagai tim dengan Light Bearer. Sementara Light Bearer menyalakan cahaya di area kegelapan, Guide dapat memimpin tim melalui rute yang paling menguntungkan. Umumnya, Guide menempatkan jalan dan menyampaikan informasi kepada Light Bearer, yang kemudian mengirimkan informasi ke seluruh tim. Namun jika Guide berpergian di jalan yang lebih aman dan tidak memerlukan Light Bearer, mereka mungkin menggunakan Pocketto untuk menerangi sekitarnya. Bagaimanapun juga, Guide memiliki kemampuan bertarung cukup rendah.
2. Anima
Adalah posisi khusus yang menundukkan dan mengendalikan Shinheuh. Peran ini berkaitan erat dengan posisi Wave Controller. Mereka cukup langka, bahkan diantara rankers.
Tidak seperti kebanyakan posisi khusus lainnya, itu bukan keahlian yang bisa dipelajari oleh siapapun, melainkan bakat alami, mirip dengan kontrol Shinsoo. Tidak diketahui bagaimana mereka dapat meningkatkan kemampuan ini. Namun seperti kemampuan langsung, memungkinkan bagi orang untuk mengendalikan Shinheuh kuat.
Shinheuh yang telah ditundukkan bisa mendapatkan informasi untuk tuan mereka atau digunakan dalam pertempuran, dan dalam beberapa kasus Shinheuh dapat menjadi sangat besar.
3. Wonsulsa / Circle Ability User
Adalah posisi khusus yang mengacu pada kemampuan mengendalikan disebut "Wonsul" yang membuat Shinsoo menjadi lingkaran sempurna, menyebabkan ia memperoleh kekuatan yang jauh lebih besar sementara tetap mempertahankan myun dan soo yang sama.
Untuk menjadi Wonsulsa, seseorang harus mengambil dan mengikuti ujian yang diselengarakkan oleh asosiasi reset Gustang untuk menjadi bersertifikat. Jadi, cuma ada beberapa Wonsulsa dikarenakan hanya merekalah yang telah lulus mempelajari teknik tersebut. Persyaratan untuk mengikuti ujian ini tidak diketahui dan juga masih belum jelas apakah Regulars diperbolehkan mengikuti ujian tersebut atau tidak.
Teknik yang diketahui :
• Beam Cannon
Adalah teknik yang meledakkan sinar putih untuk menyerang lawan. Pengguna memfokuskan shinsoo menjadi bentuk bola di telapak tangan mereka, kemudian melepaskannya dalam bentuk sinar putih. Sebuah lingkaran dengan warna yang sama dibuat di sekitarnya setelah melemparkan sinar putih tersebut.
• Blue Oar
Adalah teknik yang menggunakan shinsoo disk melingkar untuk bergerak cepat dalam arah tertentu. Shinsoo digunakan untuk membentuk disk biru, yang memungkinkan pengendara untuk bergerak pada kecepatan yang sangat besar. Kegunaan utama adalah untuk transportasi tunggal. Pengguna bergerak cepat dari titik A ke titik B, umumnya di jalan yang lurus. Namun teknik ini dapat digunakan untuk berbelok di sudut-sudut tajam. Juga karena kecepatan yang besar dan momentum yang dihasilkan, kadang-kadang dapat menyebabkan kerusakan di sepanjang jalur dan juga dapat digunakan untuk menerobos pembatas.
• Pitch Changeup
Adalah teknik yang menggunakan shinsoo untuk meningkatkan pukulan pengguna ketika sedang dalam kontak dengan musuh. Ini adalah ledakan jarak dekat yang menghancurkan, menggunakan shinsoo merah dan hitam yang berputar di sekitar tangan pengguna. Hal ini umumnya digunakan setelah melakukan straight ball untuk memaksimalkan kerusakan meninju.
Ketika digunakan oleh seseorang dari tingkat Rankers, bahkan jika ditahan, akan cukup kuat untuk dengan mudahnya merobohkan seseorang.
Sub-teknik :
• Cut Fast Ball
Adalah teknik yang digunakan untuk menembak shinsoo merah dan hitam pitch changeup sebagai ledakan gelombang jarak besar. Tidak seperti pitch changeup, dimana shinsoo hanya mengambang di sekitar tangan pengguna. Teknik ini menembakkan gelombang energi.
4. Dansulsa
Adalah posisi khusus dan pada dasarnya mengacu pada pengguna dari teknik yang disebut "Dansul", teknik pengendali gelombang kuat.
Pertama, pengguna menerapkan tekanan Shinsoo besar pada target sehingga mereka tidak bisa bergerak, kemudian dengan segala macam senjata, tekanan lebih besar diterapkan untuk menghancurkan musuh.
5. Defender
Adalah posisi langka yang bertujuan untuk melindungi Light Bearer / Spear Bearer selama pertempuran.
6. Hwayeomsa / Flame User
7. Jeonsulsa / Lightning User
Mengacu pada orang yang mampu mengkonversi Shinsoo menjadi listrik.
Beberapa pengguna seperti dari keluarga khusus tertentu dapat menggunakan listrik secara alami, sementara yang lain harus mengambil dan lulus tes khusus untuk menjadi Jeonsul.
Teknik yang diketahui :
1. Dagan Style : Weapon Reinforcement Technique / Lightning Strike
Adalah sub-teknik yang menggunakan shinsoo listrik untuk meningkatkan kekuatan senjata. Dapat dibuat untuk me-nonaktifkan benda mekanik atau dapat digunakan untuk menghasilkan shinsoo listrik ledakan besar. Tergantung pada penggunaannya.
2. Maschenny Style : Lightning Spear Technique
Adalah teknik yang ditemukan oleh Maschenny sendiri. Digambarkan sebagai "Ultimate Spear Technique". Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengambil posisi Spear Bearer tanpa bersenjatakan tombak. Juga, karena itu adalah tombak yang terbuat dari satu shinsoo, tidak perlu menjadi Spear Bearer untuk menggunakan teknik ini. Namun, Maschenny Style : Lightning Spear hanya diwariskan di beberapa cabang khusus dari keluarga Koon, sehingga teknik ini hanya dapat digunakan oleh beberapa orang.
Dalam kasus Maschenny, lightning spear dia jauh lebih kuat daripada spear technique high ranker biasa. Ketika digunakan oleh Regular, nampaknya teknik ini tidak dapat digunakan sesering mungkin, karena akan membuat tubuh penggunanya menjadi lemah. Masih belum diketahui secara pasti apakah hal ini juga terjadi pada pengguna tingkat tinggi seperti Ranker atau bahkan High Rankers.
• Sub-technique :
• Deadly Lightning
Adalah teknik dasar yang melepaskan shinsoo ke target dalam bentuk ledakan listrik. Tidak seperti Maschenny Style : Lightning Spear Technique lainnya. Teknik ini tidak menyerupai jenis tombak apapun atau senjata seperti pedang, sebaliknya lebih terlihat seperti kilat yang khas.
• Electric Pearl
Adalah sub teknik shinsoo listrik yang kuat. Pengguna mengubah shinsoo menjadi baut listrik yang meledak dalam bentuk seperti mutiara bulat pada kontak. Ledakan yang dihasilkan listrik cukup kuat untuk menggores tanah dan meninggalkan kawah besar di belakangnya.
• Big Electric Pearl
Adalah versi teknik Jeonsul electric pearl yang lebih besar, ditambah dengan Redan. Setelah mengumpulkan sebanyak mungkin shinsoo menjadi beberapa baangs yang mengubahnya menjadi baang tunggal. Pengguna mengubah shinsoo jumlah besar menjadi mutiara oval besar berbentuk listrik dan dapat dilemparkan pada musuh setelah itu.
• Big Sword of Light
Adalah versi teknik Jeonsul sword of light yang lebih besar, ditambah dengan redan, pengguna mengubah sword of light menjadi bentuk pedang listrik kemudian melemparkan pedang listrik tersebut pada lawan dan meluas sampai mengenai mereka. Serangan ini mempunyai kekuatan ekstrim yang tajam dan terdiri dari jumlah yang luar biasa seperti shinsoo bahwa hal itu dapat memotong pertahanan yang biasanya kebal terhadap serangan listrik.
• Lance of Lightning
Adalah tombak kecil yang dibuat dengan shinsoo listrik. Bentuknya kasar dan tidak mirip seperti tombak. Ketika dilempar, serangannya akan terbang seperti sambaran petir secara zig-zag dari pengguna ke target.
3. Maschenny Fighting Technique : Arch Lightning
Adalah teknik yang menggunakan shinsoo listrik untuk menambah kekuatan serangan pengguna. Cincin seperti gelombang yang dipancarkan di tempat akan memberikan dampak yang luar biasa. Kekuatan dibalik serangan ini cukup untuk mendorong musuh ke kawah tanah.
4. Redan
Dikenal juga sebagai pill petir. Adalah kumpulan baang shinsoo yang telah dikempa dalam satu pill. Setelah menelannya, pill akan bereaksi dengan arus dalam tubuh pengguna itu sendiri, menghasilkan kekuatan luar biasa. Teknik ini hanya dapat digunakan oleh beberapa orang terpilih dari keluarga Koon.
Lightning Pill
Redan's effects
POSITION COMBINATION
• Light Bearer + Spear Bearer
Dalam kombinasi ini, Spear Bearer mendapat keuntungan untuk meningkatkan akurasi dan jarak ketika melemparkan tombak mereka. Light Bearer dapat menggunakan lighthouse mereka untuk memandu tombak (asalkan target berada dalam jangkauan area kontrol mereka) ke sasaran yang dituju. Cara ini juga bisa dilakukan dengan kombinasi Scout + Spear Bearer, seperti yang dilakukan oleh Ship Leesoo dan Aleksai Amigochaz. Spear juga dapat di teleport menggunakan lighthouse, seperti kombinasi yang ditunjukkan oleh Rak Wraithraiser dan Koon Aguero Agnis. Serangan Shinsoo yang muncul juga dapat di teleport menggunakan lighthouse, seperti yang ditunjukkan pada saat Kurudan menggunakan Dansulsa pada lighthouse dan Koon Hachuling men-teleportnya ke tempat dimana Ren berada.
Spear di teleport menggunakan Light House
Kombinasi ini adalah dimana Scout menembus serangan lawan, sementara Fisherman menyelinap di belakang untuk memberikan serangan. Kombinasi ini digunakan oleh Androssi Zahard dan Hatsu ketika bertarung melawan Varagarv.
Ini adalah salah satu kombinasi paling mematikan. Dalam kombinasi ini, Light Bearer dapat memperkuat baangs yang diciptakan oleh Wave Controller. Mungkin ini dilakukan dengan cara meningkatkan soo atau myun dari baang tersebut. Light Bearer juga dapat mengarahkan baangs ke target lain dan menyerang apapun yang dilewatkan wave controller. Memiliki lighthouse, Light Bearer dapat mengamati daerah buta atau target jauh yang dilewatkan Wave Controller. Perlu diperhatikan bahwa Light Bearer tidak dapat meningkatkan jumlah baangs yang dihasilkan Wave Controller. Hal ini untuk alasan bahwa ketrampilan Wave Controller diukur dari jumlah baangs yang mereka buat.
Kombinasi duo ini biasanya terlihat pada garis depan. Dalam kombinasi ini, Spear Bearer memberikan backup langsung pada Fisherman, menjaga keseimbangan musuh dengan tombak dan melindungi Fisherman dari musuh lainnya. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan Fisherman menggangu atau memaksa musuh untuk menunjukkan diri mereka, memberikan Spear Bearer kesempatan untuk menyerang musuh secara kritis dari belakang. Kedua strategi ini ditunjukkan oleh Koon Ran dan Novick.
BEBERAPA ISTILAH DI TOWER OF GOD
1. Irregular
Adalah mereka yang tidak dipilih untuk menaiki menara melalui seleksi regular dari Headon. Irregular membuka pintu menara atas kehendak mereka sendiri dan tindakan mereka dianggap tidak sesuai dengan peraturan menara. Selain itu, mereka melanggar batasan yang telah ditetapkan oleh penguasa ketika memanipulasi shinsoo, dan mungkin dianggap sebagai bukti lebih lanjut dari pelanggaran mereka terhadap aturan menara. Irregular membawa perubahan besar dan kekacauan dalam menara. Selain itu hanya irregular yang dapat menerima tantangan langsung dari penguasa lantai. Kebanyakan irregular telah menunjukkan kekuatan yang luar biasa ketika mereka memasuki menara.
2. Regular
Adalah mereka yang telah dipilih oleh Headon dan mendapat izin dari Zahard untuk menaiki menara. Regular harus mengikuti serangkaian ujian setiap kali mereka menaiki lantai menara, sama halnya dengan irregular yang belum menjadi ranker. Yang membedakan antara mereka dengan irregular adalah para regular terikat dan dilindungi oleh peraturan menara. Selain itu, regular juga memiliki peringkat, tergantung di lantai berapa regular tersebut berada. Peringkat regular yang sudah diketahui hingga saat ini antara lain : F-rank, E-rank, D-rank, C-rank, dan B-rank. Juga masih belum diketahui apakah regular dengan peringkat yang berbeda diperbolehkan untuk berada di lantai yang sama atau tidak. Masih belum diketahui secara pasti apakah ada regular A-rank atau S-rank.
3. Ranker
Adalah mereka yang telah mencapai puncak menara dan telah diberi rank atau peringkat yang telah dikeluarkan oleh ranker administration office. Posisi ranker di menara dianggap sebagai status yang sangat mewah (bisa dibilang mereka tidak punya masalah dengan biaya hidup). Namun bukan berarti persaingan mereka telah berakhir. Mereka justru masuk ke persaingan yang lebih menakutkan, sehingga banyak diantara mereka yang mencari posisi dan pekerjaan yang lebih baik. Karena itu ranker terkadang bekerja sebagai test administrator di beberapa lantai ujian. Mereka dipandang sebagai dewa dan memiliki status yang lebih tinggi dibandingkan regular ataupun penduduk tetap di menara. Mereka juga dapat menggunakan tangga dari wilayah tengah untuk berkeliling ke area dalam atau luar menara. Meskipun menerima banyak keuntungan, namun mereka biasanya dibatasi untuk memasuki area regular.
Seorang regular bisa menjadi ranker apabila mereka telah lulus ujian di setiap lantai dan mencapai puncak menara (saat ini diketahui lantai 134).
4. Pocket
Adalah perangkat yang menyediakan berbagai fungsi yang membantu para Regular dan Ranker di menara.
Pocket saat ini diproduksi oleh workshop. Pocket pertama kali dibuat oleh Masceth, Bapak Agung Workshop. Mereka terbuat dari suspendium murni tinggi sehingga mampu mengambang di daerah dengan kepadatan shinsoo tinggi. Pocket diklasifikasikan berdasarkan tingkatan mereka, mulai dari rank E sampai rank A. Sebuah pocket rank A sangat mahal. Setiap regular menerima pocket rank E ketika memasuki menara. Pocket rank E ini dapat digunakan untuk membuat shinsoo dengan penguasa lantai sampai lantai ke 40. Pocket memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan tingkatan mereka. Pocket dasar berbentuk bulat yang diprodukai oleh workshop. Namun seseorang juga dapat memiliki pocket bentuk lain.
Sebuah pocket memungkinkan pengguna untuk memahami bahasa yang digunakan di menara dengan menerjemahkan mereka semua ke dalam bahasa Maschetian. Tampaknya pocket juga memiliki sejumlah fungsi lain seperti timer dan komunikasi. Pocket juga memiliki mode terlihat dan tak terlihat. Bagi semua regular, pocket sangat penting karena memungkinkan mereka untuk membuat perjanjian dengan penguasa pada setiap lantai menara. Hal ini dikarenakan setiap posisi harus belajar bagaimana menggunakan shinsoo.
Pocket dasar berbentuk lingkaran
Pocket custom
Pocket custom berbentuk scroll
Selain itu fungsi lain dari pocket adalah sebagai berikut :
- Memungkinkan seseorang bertemu dengan penguasa lantai untuk membuat perjanjian.
- Transaksi keuangan berbasis poin.
- Sumber cahaya di kegelapan.
- Fungsi telepon.
- Mode komunikasi pribadi di mana hanya orang tertentu saja yang dapat mendengarkan atau berkomunikasi satu sama lain, tanpa adanya gangguan lain.
- Fungsi timer atau jam.
- Fungsi pelacakan (lokasi suatu tempat).
- Menerjemahkan bahasa.
- Mengirimkan pesan.
- Identifikasi pengguna.
- Menyimpan benda.
5. Shinsoo
Adalah zat yang mengalir melalui menara. Setiap lantai memiliki jumlah kepadatan Shinsoo, yang meningkat pada setiap lantai. Dalam konsentrasi yang lebih rendah, membuat massa jenisnya berperan seperti gas, tetapi dalam konsentrasi yang lebih tinggi, Shinsoo menunjukkan reaksi cairan.
Di waktu yang berbeda, Shinsoo dapat mengambil sifat-sifat air, api, udara, atau cahaya dan sebagainya. Shinsoo memiliki daftar variasi yang panjang. Shinsoo adalah dasar dari semua energi.
Bagi penghuni di menara, Shinsoo sangat penting karena memungkinkan mereka untuk bernafas dan memberikan kelembapan. Shinsoo juga menggantikan udara, serta memiliki sifat khusus seperti magis. Hal ini dapat dianggap sebagai sumber kehidupan di menara. Disebutkan bahwa Shinsoo dibuat oleh menara itu sendiri dan bahkan ada di beberapa area tertutup. Masih belum diketahui bagaimana Shinsoo berasal. Sebaliknya administrator mengontrol Shinsoo di setiap lantai.
Kadang-kadang ketika seseorang mulai menggunakan Shinsoo, pertumbuhan mereka berhenti sebelum mereka menjadi dewasa.
Irregular umumnya mempunyai bakat spesial dalam mengendalikan Shinsoo, yang membuat mereka menjadi luar biasa kuat. Salah satu alasan mengapa mereka dianggap sangat berbahaya.
Shinsoo resistance adalah resistensi alami terhadap Shinsoo, yang memungkinkan individu untuk menahan serangan yang terdiri dari Shinsoo, bergerak di daerah dengan jumlah kepadatan Shinsoo tertentu dan sebagainya. Tampaknya ini menjadi bawaan bagi penghuni menara.
6. Shinheuh
Secara harafiah berarti "ikan laut" atau "hewan air laut". Mengacu pada berbagai makhluk yang ditemui di menara.
7. Ignition Weapon
Adalah jenis senjata terkuat di menara. Ignition weapon bisa dibilang senjata jiwa. Namun, alih-alih berpikir bahwa semua ignition weapon memiliki jiwa, mereka adalah senjata halus dengan shinsoo bantalan jiwa. Ketika digunakan akan mengeluarkan cahaya serta menghasilkan kekuatan yang luar biasa. Contoh dari ignition weapon adalah Narumada, Krishna, Kranos, serta Black March yang merupakan salah satu dari 13th Month Series.
8. Compression Weapon
Adalah varian dari ignition weapon. Compression weapon sering menyerupai senjata normal, namun sebenarnya mengandung massa jauh yang melebihi volume normal. Rupanya senjata ini dapat di "decompressed" ke ukuran penuh mereka, meskipun hal ini belum pernah terjadi sebelumnya.
Sebuah compressed weapon terkenal, Mago, dikatakan begitu besar sehingga ketika di decompressed bisa menembus setengah bagian dari menara. Contoh senjata terkenal lainnya dari compressed weapon adalah Green April yang merupakan salah satu dari 13th Month Series.
Sc: towerofgod.wikia.com
Nah, kira" seperti itulah. Ada banyak sekali kan?
Akhir kata, saya pamit undur diri dulu. Sampai jumpa :)




































































baca nya di mana gan? udah episode berapa?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusWebtoon / pujangga. Uda sampe season 2 ep 230+ (klo di webtoon versi inggris). Versi indo msih ktinggalan jauh
BalasHapusBtw yg versi inggris nya udh sampai eps brp?
BalasHapusSeason 2 episode 242 (update tiap hari senin)
Hapus